Mantra Pantronum!



Mantra itu diucapkan Harry Potter saat Mengusir Dementor. Dementor adalah makhluk yg menghisap segala kenangan kegembiraan dan kebahagiaan seseorang hingga tinggal segala kesedihan dan ketakutan yang tinggal di kepala.
Mantra itu sangat ampuh untuk melawan Dementor, tapi untuk mengeluarkan Mantra itu Harry harus Mengingat Hal-hal yang membuat dia Bahagia agar Mantra itu bisa di keluarkan. Ketika ingatan-ingatan tentang Hal yang membahagiakan sudah terkumpul. Harry tinggal mengayunkan tongkatnya ke Dementor dan mengucapkan Mantra Expecto Patronum! maka akan keluarlah Patronus, cahaya yang sangat terang dan akan mengusir Dementor.

Di Minggu-minggu ini terlalu banyak pikiran yg mengganggu, terlalu banyak permasalahan dalam hidup gue, Mood gue yang gak tentu kek cewek PMS, kadang gue lelah, capek dengan hidup. Tapi setiap gue berpikiran kek gitu, kenyataan sering menampar gue Bahwa sebenarnya gue masih beruntung, karena banyak yg kurang beruntung di luar sana. Gue cuma perlu bersyukur, yups.

Hubungannya dengan cerita Harry Potter? Mungkin Mantra Expecto Patronum yang digunakan Harry untuk mengusir Dementor adalah Fiksi. Tidak ada tongkat sihir di dunia ini, tapi Dementor? Gue merasa dia nyata. Makhluk yang menghisap kegembiraan, kesenangan dan selalu meninggalkan kesedihan. Wujudnya memang tak seperti yg ada di Film itu, tapi di dunia nyata dia muncul dalam wujud lain. Entah muncul dalam sosok teman yg sering menyakiti kita, Gebetan yang kagak Peka, =D upss, tugas kuliah, dan permasalahan2 hidup yg sering menghisap kebahagian kita.

Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari tulisannya Bang Raditya Dika tentang Mantra Patronusnya karena gue juga berpikir, setiap orang pasti punya Patronus yg akan mengusir Dementor-dementor dalam kehidupannya. Dan kita harus mengingat Hal-hal yg membuat kita bahagia agar Mantra ini berhasil. Ini adalah Mantra Patronus gue:

Ingat waktu kecil pernah di ajak Ayah pergi ke suatu pameran naek sepeda. Moment membahagiakan kalo diingat lagi karena ternyata itu yg pertama kali Jalan sama Ayah semoga itu bukan yg terakhir.
Makan mie instan goreng 2 bungkus, pake telur, sayur dan daging. Pokoknya disamain kek gambar Mie di Bungkusnya. :)
Tidur disamping Ibuk, menjadi moment bahagia
Semangat dari teman-teman untuk segera wisuda =D
Tengah Malam, saat Listrik mati, saat semua orang terlelap. Keluar rumah cuma buat lihat ribuan bintang-bintang di kesunyian malam. :)
Ke kebun teh bersama temen-temen IMPARA dalam acara MAKRAB (Cemping Seduluran) 2015..
Membaca kembali tulisan-tulisan di website gue dari awal mulai ngeblog dan komentar2nya. :)
Mendapat pernyataan bahwa website yang susah payah gue buat, gue beli dengan puluhan dolar di blokir oleh si eyang Google, menyedihkan sih, tapi itu suatu bentuk usaha momen yang tak terlupakan =D

Ada banyak lagi Mantra-mantra Patronus untuk mengalahkan Dementor (Penghisap Kebahagiaan) dan kadang gue lupa untuk memakai mantra-mantra ini. Gue membiarkan kebahagiaan gue hilang hanya karena permasalahan-permasalahan dalam hidup. Seperti yg gue bilang di awal, mungkin gue hanya harus bersyukur. :)

“Kadang, kalau kita sedih, kita berpikir, kita gak akan bisa ngelewatin ini… kita gak bahagia.. dan kita orang paling miserable di dunia ini. Dengan mengingat-ingat yang seneng- seneng lagi, kita akan sadar, mungkin hidup gak selamanya di atas. Kita pernah bahagia, dan beberapa saat lagi I will get my spirit back.”

Tanpa perlu tongkat sihir kek Harry Potter, untuk mengalahkan Penghisap Kebahagiaan, kita bisa mengingat kembali hal-hal yg bisa bikin kita senyum agar gak selalu sedih. Setiap orang punya mantra Patronumnya sendiri, Gue yakin lo juga punya.

Apa Mantra Patronum lo? :)
Share: