Abis Pilkada, terus mau ngapain?

Tanggal 9 Desember nanti, timeline kita bakalan penuh banget sama twitpict-an jari bertinta. Ada yang pake tinta di kelingking, di jempol, jari tengah, bahkan sampai setangan-tangan =D Wait.. jangan-jangan itu mah tukang servis printer.

Semua twitpict-an itu pertanda kalau proses pemilihan umum untuk cabub-cawabub udah selesai. Kita semua udah nyoblos calon-calon pilihan kita, ehhh, tapi Pilkada masih beberapa hari lagi, semoga aja segala bentuk kampanye yang notabene mengganggu itu kagak ada. Tapi nyatanya masih ada tuh motor-motor yang ugal-ugalan (kampanye), orang-orang yang ngelanggar lalu lintas, plus tempelan-tempelan muka caleg di pohon dan pinggir jalan. Nah, kalau pemilunya udah selesai, terus gimana? Terus kumaha atuh barudak? Apa yang harus kita lakukan sekarang? 

Melakukan Aktivitas Seperti Biasa Lagi
Yang harus kita lakukan setelah pilkada adalah balik lagi ke aktivitas biasa. Kalau kalian pikir sehabis pilkada itu bakal mengubah kehidupan kalian, kalian salah, karena pemilu itu efeknya gak kerasa. Sebelum sama sesudah pilkada itu gak ada bedanya.
Sebelum pilkada, macet. Pas masa-masa kampanye, macet banget. Calon-calon pemimpin bilangnya mau ngilangin macet. Eh pemilunya udah beres, tetep aja macet.
Nah makanya, lebih baik kita kembali aja ke aktivitas kita kayak biasa. Yang biasanya sekolah ya sekolah, yang biasanya ngampus ya ngampus. Biarlah sekarang kita berkehidupan kayak biasa, sambil nunggu perubahan yang lebih baik.


Nagih janji
Janji adalah hutang. Cabub-Cawabub itu sudah pernah berjanji sama kita, dan sebagai penagih hutang yang baik, kita harus tagih janji mereka. Enak aja udah ngutang gorengan tapi gak dibayar.
Banyak cabub-cawabub yang berjanji kalau sudah terpilih bakal ngelakuin ini dan itu. Tapi dilihat dari pilkada-pilkada sebelumnya, gak ada tindakan yang jelas dan gak ada janji yang ditepati.
Tahun ini jangan sampai kayak gitu. Setelah pilkada ini, dan setelah si pejanji itu terpilih, ayo kita tagih. Jangan sampe kita dibohongin bahkan sampai dikhianati. Kita jangan mau cuma dikasih janji, kita juga butuh bukti dan aplikasi.


Bersiap-siap
Kalau pemilu udah beres, kita harus bersiap-siap. Siap-siap apa? Pertama, siap-siap buat perubahan (kalau perubahannya ada). Dua, siap-siap... di-PHP.
Kita tahu, semua yang diucapin sebelum terpilih jadi pemimpin daerah itu cuma  harapan. Dan seperti kita tahu juga, makin gede harapannya maka (bakal) makin gede juga kecewanya. Nah, sebesar apa harapan yang dikasih cabub-cawabub pilkada tahun ini?
Bersiap-siap di-PHP emang perlu banget. Tapi yang harus lebih disiapin adalah siap-siap dibohongin. Jangan sampe suara kita dimanfaatin sama pemimpin licik, apalagi sama pemimpin yang gak bertanggung jawab. Kalau sampai orang yang kita pilih bohong, putusin aja! Pemimpin sama pacar yang suka bohong itu sama, sama-sama harus diputusin!


So, setelah pilkada nanti, apa lagi yang harus kita lakukan?

Share: